Bagaimana Biji Cokelat Bisa Menjadi Cokelat Putih?

| March 26, 2015 - 11:20am |

Sahabat Orbit suka cokelat? Hmm, siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Manis, lembut, dan meleleh dimulut.  Makanan ringan yang biasanya kita temui dalam bentuk batangan ini memang tersedia dalam berbagai variasi, dari mulai yang sangat pekat, sangat manis, hingga yang dicampur dengan rasa tertentu.

Dari semua varian cokelat yang ada, mungkin salah satu varian yang membingungkan adalah cokelat putih. Ya, cokelat ini sama sekali tidak berwarna cokelat dan berasa seperti cokelat, bahkan cenderung berasa seperti susu. Lantas mengapa cokelat putih tetap disebut cokelat ya?

Mungkin kamu sudah tahu bahwa cokelat terbuat dari biji buah tanaman cacao. Pada proses pembuatannya, biji cacao ini mengalami berbagai proses dari mulai pemangganggan hingga penggilingan atau penumbukan. Dalam proses tersebut, sebagian biji cacao ini meleleh menjadi lemak nabati. Lemak ini disebut juga mentega cocoa (ingat ya, namanya mentega cocoa, bukan mentega cacao). Sebagian biji yang tidak meleleh akan hancur menjadi bubuk. Kedua bahan ini kemudian bercampur. Jadilah cairan cokelat yang menjadi dasar pembuatan semua cokelat.

Lalu bagaimana dengan cokelat putih? Ternyata, cokelat putih hanya mengambil mentega cocoa-nya saja. Mentega cocoa yang sudah leleh tersebut kemudian dicampurkan dengan susu dan gula. Inilah cairan yang menjadi dasar pembuatan cokelat putih. Karena tidak mengandung bubuk dari biji cacao, cairan tersebut tidak berwarna cokelat.

Rasanya pun tidak pahit, tidak seperti cokelat biasa yang memiliki rasa pahit. Meski demikian, adanya campuran mentega cocoa dalam cokelat putih membuatnya tetap memiliki sensasi rasa dan aroma yang serupa dengan cokelat pada umumnya. Karena itulah, cokelat putih tetap dimasukkan dalam kelompok cokelat, meskipun tidak memiliki rasa dan warna cokelat sama sekali.

 

Sumber: sainsme

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.