Bagaimana Cara Serangga Menempel di Dinding?

| March 26, 2015 - 11:30am |

Sahabat Orbit, pasti pernah dong nonton film spiderman? Hmm, bahkan di antara kalian pasti ada yang mengidolakan superhero yang satu ini. Jika kalian masih ingat dalam sebuah adegan, spiderman memanjat gedung dengan menggunakan kedua jarinya yang menempel pada dinding, seakan ada perekat yang mampu menopang berat tubuhnya. Keren bangeet ya.

Sudah dipastikan, kalau manusia biasa tidak bisa melakukan hal itu ya, hihi. Seperti yang kita ketahui, dalam cerita tersebut, spiderman itu memiliki gen dari laba-laba. Serangga kecil ini memang memiliki kemampuan untuk menempel di dinding. Tidak hanya serangga lho, beberapa hewan seperti cicak juga bisa melakukan hal serupa. Hmm, Orbit jadi penasaran, bagaimana sih hewan-hewan imut ini bisa melakukannya? Kita cari tahu rahasianya yuk.

Serangga seperti lalat atau laba-laba yang dapat berjalan pada bidang vertikal seperti tembok dengan menempel pada permukaannya bahkan termasuk pada benda yang permukaannya licin seperti kaca atau jendela. Tidak hanya serangga, kita juga sering melihat hewan amfibi atau reptil yang bisa menempel pada bidang vertikal. juga Bagaimana mereka melakukannya?

Rahasianya ada pada pangkal kakinya. Segmen atau tarsus pada pangkal kaki serangga memiliki struktur seperti cakar yang membantu serangga untuk berpegang pada berbagai jenis permukaan. Pada pemukaan kasar, serangga menggunakan kaki cakar ini untuk memegang permukaan yang tidak rata, namun untuk beberapa permukaan serangga menggunakan sejenis perekat. Misalnya pada pemukaan halus, serangga bisa berpegang dengan menggunakan rambut yang mampu melekat yang berada pada bantalan perekat (dikenal sebagai arolia atau pulvili) pada tarsus.

Beberapa serangga seperti belalang memiliki bantalan pada masing-masing segmen tarsus-nya dan beberapa serangga juga memiliki bantalan perekat khusus pada segmen lain di kakinya. Bantalan perekat ini biasanya berisi banyak rambut yang mengeluarkan zat berminyak sehingga ujung dari rambut dapat melekat di permukaan. Zat ini memberikan daya tarik dan lengket sehingga serangga dapat bertahan di permukaan halus seperti kaca. Kemampuan ini didukung juga dengan struktur mikroskopis dan celah pada permukaan halus yang berfungsi sebagai pijakan rambut-rambut kecil serangga.

 

Sumber: National Georaphic

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.