Bagaimana Masa Kecil Si Penemu Telepon?

| February 12, 2015 - 4:27pm |

Sahabat Orbit, siapa sih yang nggak tahu smartphone? Hmm, Orbit yakin sekali beberapa di antara kalian pasti punya kan. Hebat ya, sebuah benda seukuran genggaman tangan bisa melakukan banyak hal luar biasa, komunikasi jarak jauh bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangan misalnya, seperti chatting, skype, memutar musik, nonton video, sampai main game juga bisa.

Tapi tahukah kamu Sobat Orbit, jauh sebelum smartphone ditemukan pada awalnya berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh sungguh sebuah hal yang sulit dilakukan. Komunikasi langsung jarak jauh pertama kali dilakukan lewat telepon. Bicara soal telepon, tidak terlepas dari penemunya Alexander Graham Bell.

Sahabat Orbit, tahukah kamu. Alexader Graham Bell adalah penemu dari Amerika, selain menemukan telepon, Alexander Graham Bell ini adalah seorang  pengajar bagi orang tuli lho. Bagaimana sih masa kecilnya?

Alexander Graham Bell lahir pada 3 Maret 1847, di Edinburgh, Skotlandia, dan mendapat pendidikan di Universitas Edinburgh dan London. Kemudian tahun 1870 dia pindah ke Canada dan kemudian pindah lagi ke Amerika pada tahun 1871. Di Amerika dia mulai mengajar orang yang bisu dan tuli, mempopulerkan sistem yang disebut 'bahasa visual'. Sistem yang dikembangkan oleh ayahnya, Alexander Melville Bell, yang menunjukkan bagaimana bibir, lidah, dan tenggorokan digunakan dalam menggambarkan suara.

Pada masa kanak-kanaknya, Alexander telah memperlihatkan rasa ingin tahu yang sangat besar pada dunia ini, yang menyebabkan dia sering mengumpulkan contoh-contoh tumbuhan. Inovasi pertamanya dilakukan pada saat umurnya 12 tahun, saat itu Alexander melihat kawan baik dan ayahnya yang memiliki tepat penggilingan padi merasa kesulitan memisahkan gandum dengan kulitnya.

Alexander membuat peralatan sederhana yang mengkombinasikan dayung yang berputar dengan serangkaian sikat dari paku untuk memisahkan gandum dengan kulitnya. Peralatan tersebut dapat beroperasi dengan baik selama bertahun-tahun, dan sebagai 'hadiahnya', ayah temannya memberikan mereka kesempatan untuk bermain di sebuah bengkel (workshop) kecil untuk membuat 'penemuan baru' lainnya.

Sejak usia 18 tahun, Bell telah meneliti gagasan bagaimana mengirimkan dan mentransfer perkataan. Tahun 1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkan gagasan dasar yang baru bagi telepon. Percobaan yang dilakukannya bersama asistennya Thomas Watson akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yang ditransmit adalah: "Watson, come here; I want you." (Watson, datanglah kemari, saya membutuhkanmu).

Serangkaian demonstrasi penggunaan telepon, telah memperkenalkan telepon ke seluruh dunia dan dipimpin oleh perusahaannya, Bell Telephone Company pada tahun 1877.

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.