Di Beberapa Negara, Serangga Jadi Camilan Sehat Lho

| March 11, 2015 - 3:56pm |

Sahabat Orbit, pernahkah kamu mengkonsumsi serangga? Iyuuuhh, membayangkannya saja sudah bikin mual ya. Eh tapi, tahukah kamu bahwa di beberapa negara, mengkonsumsi serangga, atau yang disebut dengan ‘entomophagy’ ini adalah suatu kegiatan yang sudah biasa lho. Salah satunya di Indonesia, yaitu di pulau Jawa. Masyarakat pulau jawa sudah biasa lho mengkonsumsi laron atau belalang untuk dijadikan camilan.

Selain di Indonesia, negara yang diketahui sangat doyan mengkonsumsi serangga diantaranya ada Afrika, Amerika Selatan, Eropa, dan negara-negara di Asia seperti Thailand dan Jepang. Dan tahukah kamu, kalau di Thailand, terdapat peternakan serangga yang selama 15 tahun terakhir telah sukses mensuply serangga ke beberapa negara untuk dikonsumsi. Selain itu, dI Jepang juga terdapat festival memakan serangga bernama ‘Tokyo Mushikui Festival’ yang diselenggarakaan empat tahun sekali.

Serangga Apa Saja Sih Yang Boleh Dimakan?

Sebelum bicara tentang jenis yang boleh dimakan, kita mesti tahu dulu, kenapa sih masyarakat doyan mengkonsumsi serangga.

Ternyata, didalam serangga terkandung banyak sekali gizi dengan kadar mineral dan protein yang tinggi. Protein serangga setara dengan protein pada daging sapi tanpa lemak lho. Selain bisa dijadikan alternatif makanan, menurut para ahli FAO, serangga juga dapat menjadi bahan pewarna makanan alami untuk Industri makanan dan obat-obatan.

Alasan lain adalah bahwa, serangga sangat mudah berkembang biak dan ada dimana-mana. Karena itu selain baik untuk tubuh, mengkonsumsi serangga juga memiliki dampak yang baik untuk lingkungan karena sebagian besar serangga bersifat ramah lingkungan karena memproduksi gas rumah kaca jauh lebih rendah dibandingkan ternak lain.

Selain itu, mengkonsumsi serangga merupakan cara yang aman dan sehat untuk membantu mengurangi serangga hama tanpa menggunakan insektisida. Bagi sebagian masyarakat, mengumpulkan serangga bisa menambah penghasilan tambahan, terutama dari negara tropis (kawasan terbesar tempat hidup serangga).

Meskipun hampir semua serangga dapat dikonsumsi, namun sebaiknya harus berhati-hati memilih serangga yang hidup alami di tempat yang bersih. Biasanya kumbang dan ulat adalah makanan yang paling umum dikonsumsi. Dari lebih 1.900 spesies serangga yang dapat dimakan manusia, lebah, tawon, semut, ulat, belalang dan jangkrik merupakan serangga paling populer yang banyak di konsumsi dibandingkan rayap, kecoa madagaskar dan kaki seribu. Hiiyyy, bagaimana Sahabat Orbit, tertarik tidak untuk mencobanya?

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.