Murasaki, Penulis Novel Pertama Di Dunia

Jesica Fitria | October 1, 2014 - 5:16pm |

Novel adalah buku cerita tebal yang menjadi bacaan favorit banyak orang, Sobat Orbit. Saat ini ada banyak sekali judul novel dari berbagai genre yang bisa mengisi waktu senggangmu. Sudah banyak pula penulis novel yang membuat karyanya dengan gaya penulisan masing-masing.

Nah! Kira-kira siapa sih orang pertama yang iseng membuat cerita begitu panjang lalu dibukukan tersebut? Hhe...

Murasaki Shibiku adalah penulis novel pertama di dunia lho, namun nama tersebut bukanlah nama asli dari wanita berketurunan Jepang tersebut. Nama itu hanyalah nama pena, dan tidak ada yang tahu pasti siapa nama aslinya. Sebab, pada zaman itu karya sastra tidak diperbolehkan mencantumkan nama dalam ceritanya, sehingga harus menggunakan nama sebutan atau gelar.

Murasaki merupakan wanita cerdas kelahiran sekitar tahun 973 dari keluarga yang cukup terpandang di Jepang, keturunan dari bupati pertama di Fujiwara. Tahun 998, ia menikah dan kemudian memiliki seorang anak perempuan. Tiga tahun kemudian, suaminya meninggal dunia.

Hal tersebut membuatnya harus berkarir dan bekerja sebagai dayang di Istana Heian. Ia dipanggil untuk bekerja sebagai dayang di istana karena kemampuannya menulis dan pemikirannya yang cerdas.

Novel yang ditulisnya berjudul “Genji Monogatari”, dalam bahasa Inggris berarti “The Tales of Genji” dan dalam bahasa Indonesia “Hikayat Genji”. Novel ini memiliki 54 bab dengan total 1000 halaman, Sobat Orbit.

Diperkirakan, Murasaki menulis novel tersebut sebelum ia dipanggil bekerja di istana, dan bahkan mungkin ia mulai menulis sejak sebelum kematian suaminya.

Dalam novelnya ini, ia menceritakan tentang kisah Pangeran Genji dengan tata bahasa yang cukup rumit, bahkan bagi orang Jepang sekalipun. Hal ini membuat para ahli bahasa harus mempelajari tata bahasa yang digunakan dalam novel tersebut.

Selain menjadi novel pertama di dunia, Genji Monogatari juga merupakan novel ber-genre roman pertama di dunia. Novel tersebut kini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan juga menjadi salah satu cerita pentas.

Murasaki juga memiliki karya lain berupa buku harian dan puisi. Setelahnya, tidak banyak yang diketahui lagi tentang kehidupan Murasaki Shibiku.

 

Berbagai Sumber

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.