Pahami Matematika Dengan Logika

Jesica Fitria | September 23, 2014 - 3:48pm |

Bagaimana soal ini 4+4+4+4+4+4, bila dinyatakan dalam perkalian menjadi 6x4 atau 4x6, Sobat Orbit?

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial tentang PR (pekerjaan rumah) matematika kelas 2 SD yang memperoleh nilai 20. Sang kakak yang membantu adiknya membuat PR tidak terima dengan nilai yang diberikan guru, karena hasil dari soal matematika itu adalah benar.

Lalu, apa masalahnya ya?

Pertanyaan diawal itu mungkin membingungkan Sobat Orbit, sebab walaupun dibolak-balik bagaimanapun, 6x4 atau 4x6 memiliki hasil yang sama.

Profesor astrofisika, Thomas Djamaluddin dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menanggapi persoalan ini bahwa antara 6x4 dan 4x6 memang berbeda. Menurutnya pertanyaan tersebut (6x4 atau 4x6) adalah model matematis yang kasusnya berbeda, meski hasilnya sama-sama 24.

Thomas menerangkan perbedaan tersebut melalui sebuah soal cerita, sebagai berikut :

“Ahmad dan Ali harus memindahkan bata yang jumlahnya sama, 24. Karena Ahmad lebih kuat, ia membawa 6 bata sebanyak 4 kali, secara matematis ditulis 4x6. Tetapi Ali yang badannya lebih kecil, hanya mampu membawa 4 bata sebanyak 6 kali, model matematisnya 6x4. Jadi 4+4+4+4+4+4 = 6x4, berbeda dengan konsepnya dengan 6+6+6+6 = 4x6, walau hasilnya sama 24,” urainya dalam akun Facebook, Senin (22/9/2014).

Melalui permasalahan yang timbul berkat media sosial ini, Thomas mengajak semua kalangan untuk memahami matematika dengan logika, bukan dengan generasi “kalkulator” yang hanya tahu hasil.

Thomas pun menambahkan bahwa “Dengan kemampuan berlogika, suatu kasus dimodelkan dengan rumusan matematis sehingga mudah dipecahkan.

 

Berbagai Sumber

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.