Pemilu, Pemilihan Umum

Jesica Fitria | July 7, 2014 - 4:08pm |

Sahabat Orbit, pasti sudah tahu dong bahwa sebentar lagi warga Indonesia yang sudah memiliki KTP (17 tahun ke atas) akan memilih calon presiden idamannya? Yup! Pelaksanaan itu difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Pemilu.

Pemilu atau pemilihan umum merupakan salah satu cara dalam sistem demokrasi untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat. Tidak hanya memilih calon presiden, pemilu juga dilakukan untuk memilih calon pejabat untuk mengisi Gedung MPR/DPR seperti pemilu yang diadakan April 2014 lalu.

Penyelenggaraannya dilakukan setiap lima tahun sekali, Sobat Orbit. Maka dari itu, orang-orang yang terpilih hanya menduduki lembaga perwakilan rakyat selama lima tahun, setelahnya akan dilakukan pemilu kembali.

Pemilu ini diwajibkan bagi seluruh Warga Negara Indonesia lho, termasuk bagi mereka yang tinggal di luar negeri. Bagi WNI di luar negeri dapat mengikuti pemilu dengan melapor di Kedutaan Besar Indonesia yang ada di negara yang kita tinggali. Para WNI di luar negeri pun berbondong-bondong mengikuti pemilu di Kedubes Indonesia di negara yang mereka tinggali.

Tahun 1955 merupakan tahun di mana pemilu pertama diselenggarakan di Indonesia, satu dekade setelah proklamasi 1945. Kemudian berlanjut pada pemilu era Orde Baru tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997.

Nah! Pada masa reformasi, pemilu baru dilaksanakan tahun 1999, 2004, dan 2009. Artinya, pemilu yang akan digelar tahun 2014 ini adalah kali ke empat dilakukan pemilu di era reformasi. :)

Jaz (Berbagai Sumber)

Foto : Voa Indonesia

Tags:

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.