Penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie Olimpiade Online Nasional 2014

Anisa Widiarini | December 22, 2014 - 3:42pm |

Sahabat Orbit, minggu lalu tepatnya tanggal 17 Desember 2014, teman-taman kita juara Olimpiade Online Nasional berkumpul di Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur untuk diberikan penghargaan Piala Hasri Ainun Habibie.

Teman-teman kita ini nggak sembarangan lho, karena telah berhasil mengalahkan 1080 peserta dari seluruh Indonesia, setelah bersusah payah melewati beberapa tahap seleksi seperti seleksi tingkat Kota/Kabupaten, lalu seleksi tingkat provinsi, seleksi semifinal dan yang terakhir final.

Para pemenang yang diberangkatkan ke Jakarta ini terdiri dari empat kategori lho Sobat Orbit, yaitu kategori  SD, SMP, SMA IPA, dan SMA IPS. Waah, berasal darimana saja sih mereka? Nah, ini dia nama-nama pemenangnya :

Kategori SD

Juara I SD Unggulan Al-Ya'lu MALANG

Juara II SD KRISTEN HARAPAN DENPASAR

Juara III SDI AL-AZHAR 14 SEMARANG

Kategori  SMP

Juara I SMPN 3 DENPASAR

Juara II SMPN 4 BOGOR

Juara III SMPN 1 PRAYA LOMBOK

Kategori IPS

Juara I SMAN 1 GENTENG BANYUWANGI

Juara II SMAN 2 BALIGE SUMATERA UTARA

Juara III SMAN 4 DENPASAR

Kategori IPA

Juara I SMAN 2 BALIGE SUMATERA UTARA

Juara II SMAN 1 GENTENG BANYUWANGI

Juara III SMAN 2 BALIGE SUMATERA UTARA

Waah, lengkap ya pemenangnya Sobat Orbit, ada yang dari Sumatera, Jawa, dan Bali. Selamat ya! Oh iya Sahabat Orbit, tidak hanya diberangkatkan ke Jakarta untuk menerima penghargaan, para pemenang ini yang terdiri dari siswa dan guru pendamping juga diikutsertakan dalam kegiatan Orbit Science Camp lho.

Orbit Science Camp

Persis seperti namanya, Orbit Science Camp ini adalah kegiatan yang juga bertujuan untuk mengajak pemenang Olimpiade Online Nasioal 2014 ini untuk semakin mencintai IPTEK. Dalam kegiatan ini, sehari sebelum penyerahan penghargaan (16/12) pemenang Olimpiade Online Nasional 2014 ini Orbit ajak untuk mengunjungi tempat-tempat yang identik dengan pengaplikasian teknologi.

Pada kunjungan sesi pertama, pabrik pembuatan obat Kalbe Farma adalah yang kami tuju. Di pabrik ini, pemenang Olimpiade Online Nasional, bisa melihat dan belajar bagaimana proses pembuatan obat dengan menggunakan mesin berteknologi tinggi. Disana pemenang Olimpiade Online 2014 juga disambut baik oleh ibu Shinta Deviyanti, Head CSR PT. Kalbe Farma.

Kunjungan selanjutnya, peserta Olimpiade Online mampir ke kantor Pesona Edu di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Hmm, kalian pasti sudah nggak asing dong sama perusahaan pembuat software edukasi ini, yup! Software edukasi buatan Pesona Edu ini sudah di gunakan di beberapa negara lho, dan banyak mendapatkan penghargaan. Karena itu, waktu pemenang Olimpiade Online ini mampir ke markasnya Pesona Edu, betah banget lho sampai-sampai nggak mau pulang, hihi. Apalagi waktu teman-teman kita ini dikasih kesempatan untuk melihat dapur pembuatannya, seperti pembuata animasi, dan naskah pelajarannya. Wuiih, seru banget.

Eits, pemenang Olimpiade Online Nasional ini nggak boleh lama-lama mampir di pesona Edu lho, karena jadwal kunjungan selanjutnya, bertemu mentri Komunikasi dan Informatika bapak Rudiantara. Yup betul! Ini memang sesi yang paling seru sekaligus mendebarkan dalam rangkaian acara Orbit Science Camp. Karena, dalam kunjungan ini, peserta Olimpiade Online nasional selain bertemu mentri, mereka juga bisa berdiskusi maslah teknologi dan informatika. Dalam kesempatan ini, para pemenang berebut untuk mengajukan pertanyaan kepada bapak mentri lho, dari soal internet, social media, hacker, sampai tayangan yang beredar di televisi.

Selain berdiskusi, ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan. Yup! Selfie bareng mentri. Hihi kapan lagi yaa bisa seru-seruan bareng pak mentri.

Awarding (Penyerahan Penghargaan)

Sahabat Orbit, setelah puas berkeliling dan berkunjung. Keesokan harinya (17/12) adalah hari yang sangat dinanti, yaitu pemberian penghargaan. Pemberian penghargaan ini juga dihadiri oleh Bapak Ilham Habibie selaku Komisaris Utama Orbit Digital, lalu ada Bapak Taufik Hanafi, Staf ahli Mendikbud, dan juga Bapak TB Silalahi, yaitu Ketua Yayasan Soposurung Sumatra Utara yang mewakili SMA Balige.

Meskipun Eyang BJ Habibie tidak bisa datang karena masalah kesehatannya yang menurun, namun beliau menyempatkan diri lho untuk melakukan teleconfrens, menyapa juga memberikan motivasi kepada seluruh pemenang.

Setelah itu, penyerahan penghargaan dilakukan Oleh Bapak Ilham Habibie dan Bapak Taufik Hanafi dari mendikbud.

Waah, sekali lagi Orbit ucapkan selamat yaa! Untuk sekolahmu yang belum berhasil menjadi juara, jangan khawatir, karna tahun depan masih berlangsung Olimpiade Online 2015. Sampai ketemu dalam kompetisi berikutnya.

Tambahkan komentar

Image CAPTCHA
Masukkan karakter yang terdapat dalam gambar.

Apa Kata Mereka?

Siapa Tokoh yang Mengispirasi Kamu?
Jawaban:
  • Adit
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya ingin jadi pemain bola yang hebat seperti Crishtiano Ronaldo. Dia adalah pemain penyerang dari Portugal tim Real Madrid. Sebagai penyerang, kehebatan Ronaldo adalah mencetak gol. Saya ingin sekali bisa seperti Ronaldo.
  • Chintya
    Kelas 5 SD Budi Luhur
    Saya suka menyayi dan menggambar, tapi kalau sudah besar saya ingin seperti Miss Anin, guru saya di sekolah. Jadi guru harus pintar pelajaran apa saja, harus bisa menyanyi dan menggambar juga.